Jumat, 03 April 2009

Pengambilan Organ Marmut Untuk Sediaan Histologi

Saya selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk mahasiswa UNIMUS. Dulu saya hanya memperoleh materi sedikit sekali tentang hal ini dari pelatihan singkat yang hanya sebulan di Fakultas Biologi UGM. Tapi saya berniat untuk menyampaikan yang sedikit itu untuk adik-adik mahasiswa sebisa saya. Pada perkuliahan praktikum sitohistoteknologi di program D3 Analis Kesehatan UNIMUS, saya mencoba memberanikan diri untuk mengajari membedah hewan coba dan mengambil organnya untuk dibuat sediaan histologi yang baik. Hanya sayangnya, alat mikrotom di tempat kami sudah terlalu usang bahkan untuk memutar rodanya saja membutuhkan tenaga yang banyak, sementara kemampuan potongnya minimal dalam ukuran 10 mikron yang masih sangat tebal untuk membuat sediaan sitologi jaringan. Niat tetap terlaksana, namun bilamana ada dermawan yang berkenan berzakat alat mikrotom untuk laboratorium kami, saya akan sangat bersyukur walaupun itu mikrotom bekas insya Allah akan sangat bermanfaat bagi anak didik kami.

Tidak ada komentar: